Thursday, February 23, 2017

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS 6 SD KURIKULUM 2013



RENCANA PELKASANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan            :    SD....
Kelas / Semester                 :    VI (Enam) / 2
Tema 6                                :    Menuju Masyarakat Sehat
Sub Tema 1                         :    Lingkungan Sehat Masyarakat Sehat
Pembelajaran                     :    1
Alokasi Waktu                   :    1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A.   KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1    :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2    :  Memiliki perilaku jujur, Peduli, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3    :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4    :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.   KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
1.1     Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2     Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya
2.1     Memiliki kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1     Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang cirri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1    Mengumpulkan informasi penting dari teks laporan investigsi tentang campuran dan larutan
4.1     Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.1    Menulis teks laporan investigasi tentang campuran dan larutan
IPA
1.1     Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1     Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; Kerja sama; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.4     Membedakan campuran dan larutan melalui pengamatan
3.4.1    Membedakan campuran dan larutan berdasarkan pengamatan
4.1     Merancang dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari
4.1.1    Melaporkan secara tertulis hasil percobaan tentang campuran dan larutan
IPS
1.1     Menerima karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik
1.3     Menghargai karunia dan rahmat Tuhan YME yang telah menciptakan manusi dan lingkungannya
2.3     Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, percaya diri dalam mengembangkan pola hidup sehat, kelestarian lingkungan fisik, budaya, dan peninggalan berharga di masyarakat
3.5     Menelaah landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
3.5.1    Menjelaskan pengaruh Menuju Masyarakat Sehat terhadap berbagai aspek dalam kehidupan
4.5     Menyajikan hasil telaah mengenai landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi dalam berbagai bentuk media (lisan, tulisan, gambar, oto, dan lainnya)
4.5.1    Mengomunikasikan pengarunh Menuju Masyarakat Sehat terhadap berbagai aspek dalam kehidupan

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡   Setelah membaca teks, siswa mampu menjelaskan kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Kampung Melati untuk hidup sehat dengan benar.
¡   Setelah berdiskusi, siswa mampu memberikan pendapat tentang kegiatan masyarakat Kampung Sehat Melati untuk hidup sehat dengan menunjukkan sikap peduli.
¡   Setelah melakukan pengamatan dan diskusi, siswa mampu membedakan campuran dan larutan berdasarkan pengamatan dengan menunjukkan sikap peduli.
¡   Setelah melakukan percobaan dan berdiskusi, siswa mampu membuat laporan secara tertulis untuk hasil percobaan tentang campuran dan larutan dengan benar.
¡   Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menulis laporan percobaan dengan menggunakan kalimat efektif dan kata baku

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡   Eksplorasi untuk membedakan campuran dan larutan
¡   Menulis teks laporan investigasi berdasarkan pengamatan.
¡   Menelaah interaksi manusia dan lingkungan terkait kesehatan masyarakat

F.      METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan        : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Menuju Masyarakat Sehat”.
¡  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
¡  Siswa dibagi dalam kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 siswa.
¡  Siswa mengamati gambar yang ada di buku siswa. Siswa mengamati gambar tentang kegiatan masyarakat di ‘Kampung Sehat Melati’. (Mengamati)
¡  Mintalah siswa untuk mengamati gambar dengan saksama.
¡  Siswa mendiskusikan hal tersebut dengan kelompoknya. (Mengekplorasi)
¡  Guru meminta satu kelompok untuk mempresen-tasikan hasil diskusinya di depan kelas. (Mengekplorasi)
¡  Siswa lain bisa bertanya, memberikan pendapat atau sanggahan dari presentasi temannya. (Mengasosiasi)
¡  Siswa membaca teks dengan membaca teks dalam hati. Waktu untuk membaca teks adalah 5 menit. (Mengamati)
¡  Setelah membaca teks, setiap siswa membuat 2 pertanyaan tentang teks yang dibacanya. ( Menanya)
¡  Dalam kelompok, siswa mendiskusikan pertanyaan yang dibuat.
¡  Hasil diskusinya ditulis pada kalender bekas. (Mengasosiasi)
¡  Setiap perwakilan kelompok berkeliling ke kelompok lain untuk melihat hasil.
¡  Perpindahan ditandai dengan aba-aba tepuk tangan 3 kali dari guru.
¡  Siswa secara individu mengisi grafik organizer tentang “Kegiatan Masyarakat di Kampung Sehat Melati” yang ada di buku siswa.
¡  Siswa menulis kesimpulan tentang kaitan antara kegiatan PHBS yang dilakukan masyarakat dengan kesehatan masyarakat. (Mengasosiasi)
¡  Siswa memberikan contoh kegiatan PHBS yang dilakukan di lingkungan masyarakat mereka.
¡  Siswa menyampaikan hasilnya secara berpasangan. (Mengkomunikasikan)
¡  Siswa mengamati kembali gambar kegiatan warga di Kampung Sehat Melati. (Mengamati)
¡  Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa. (Menanya)
¡  Guru meminta beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya di depan kelas
¡  Guru memberikan penguatan.
¡  Siswa menjawab pertanyaan di buku siswa.
¡   Siswa mengamati gambar proses pembuatan oralit.
¡  Siswa dibagi dalam kelompok, setiap kelompok terdiri dari 3 siswa.
¡  Setiap kelompok mempraktikkan proses pembuatan oralit. (Mengekplorasi)
¡  Setelah melakukan percobaan, siswa mendiskusikan pertanyaan berikut dalam kelompok.
¡  Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas. (Mengkomunikasikan)
¡  Guru memberikan penguatan.
¡  Siswa menulis laporan berdasarkan hasil percobaan (Mengekplorasi)
35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
¡  Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
10 menit

H.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡           Buku Siswa Tema : ”Menuju Masyarakat Sehat Kelas VI (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡           Gelas
¡           Garam
¡            Air

I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.  Teknik Penilaian
a.  Penilaian Sikap: tanggung jawab, Kerja sama, dan Peduli.
b. Penilaian Pengetahuan: pilihan ganda dan jawaban singkat.
c. Penilaian Keterampilan: unjuk kerja

2.   Bentuk Instrumen Penilaian
a.  Penilaian sikap
No
Nama Peserta Didik
Aspek yang Dinilai
Percaya Diri
Teliti
Disiplin
1


























































































































































Keterangan:    1: Kurang        2 : Cukup      3 : Baik         4 : baik sekali
b.    Penilaian pengetahuan dan keterampilan muatan mapel
1)    Pengetahuan
1.                Apa saja perilaku hidup sehat yang ditunjukkan oleh masyarakat di  Kampung Sehat Melati?
2.                Apa kegiatan yang dilakukan oleh warga Kampung Sehat Melati sebulan sekali?
3.                 Apa kaitan antara pengelolaan sampah dengan kesehatan masyarakat?
4.                Apa yang kamu rasakan ketika hasil kerja kerasmu dihargai orang lain? Bagaimana cara kamu menunjukkan penghargaan kepada orang lain? Larutan apa saja yang kamu gunakan dalam kehidupan sehari-hari? Apa manfaatnya bagimu dan orang lain?
2)    Keterampilan
3. Penilaian
1. IPA dan Bahasa Indonesia: membuat laporan
Kreteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Kurang (1)
Lankah-langkah
Menjelaskan langkah-langkah percobaan dengan lengkap, runtut, dan benar
Menjelaskan langkah-langkah percobaan dengan lengkap namun kurang runtut
Menjelaskan langkah-langkah percobaan dengan runtut namun ada beberapa bagian yang tidak lengkap
Menjelaskan
langkah-langkah
percobaan
dengan tidak
runtut dan
tidak lengkap
Perubahan dan
penyebabnya

Menjelaskan perubahan yang terjadi pada percobaan dan penyebabnya dengan benar dan terperinci

Menjelaskan perubahan yang terjadi pada percobaan dan penyebabnya dengan benar, namun kurang rinci
Menjelaskan perubahan yang terjadi pada percobaan dengan benar dan rinci namun tidak menjelaskan alasannya dengan tepat
Menjelaskan perubahan yang terjadi pada percobaan dan penyebabnya dengan kurang tepat dan tidak terperinci
Kesimpulan
Menuliskan kesimpulan hasil percobaan dengan benar dan terperinci

Menuliskan kesimpulan hasil percobaan dengan benar namun kurang terperinci
Menuliskan kesimpulan hasil percobaan dengan kurang tepat

Menuliskan kesimpulan hasil percobaan dengan tidak tepat
Kata baku
Semua tulisan ditulis dengan kata baku
75% tulisan ditulis dengan kata baku
50% tulisan ditulis dengan
kata baku
25% tulisan ditulis dengan kata baku
Tanda baca
Semua tulisan menggunakan tanda baca yang benar (titik, koma, huruf besar, seru, tanya)
75% tulisan menggunakan tanda baca yang benar

50% tulisan menggunakan
tanda baca
yang benar

25% tulisan menggunakan tanda baca yang benar
Kalimat efektif
Semua tulisan ditulis dengan kalimat efektif
75% tulisan ditulis dengan kalimat efektif
50% tulisan ditulis dengan
kalimat efektif
25% tulisan ditulis dengan kalimat efektif


2. Rubrik diskusi
Kreteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Kurang (1)
Mendengarkan
Mendengarkan teman yang sedang berbicara

Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan

Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara
P
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat

Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman
P
Sering merespon kurang tepat
terhadap
komunikasi non
verbal yang ditunjukkan teman
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik

Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung
P

3. Penilaian sikap (peduli)


Mengetahui
Kepala Sekolah,



________________
NIP

Jakarta, ...........
Guru Kelas VI



_____________________
NIP .

No comments:

Post a Comment