Friday, February 24, 2017

Rencana Pelaksanaan pembelajaran Kelas 6 SD Semester 2 Tema Menuju Masyarakat Sehat Sub Tema 1Lingkungan Sehat Masyarakat Sehat Pembelajaran 2



RENCANA PELKASANAAN PEMBELAJARAN
                                                                         (RPP)           


Satuan Pendidikan            :  SD......
Kelas / Semester                 :  VI (Enam) / 2
Tema 6                                :  Menuju Masyarakat Sehat
Sub Tema 1                         :    Lingkungan Sehat Masyarakat Sehat
Pembelajaran                     :  2
Alokasi Waktu                   :    1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A.   KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1    :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2    :  Memiliki perilaku jujur, Peduli, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3    :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4    :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.   KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
PPKn
1.1     Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
1.2     Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam
2.1     Menunjukkan perilaku bertanggung jawab dan rela berkorban dalam keluarga, sekolah dan lingkungan sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.3     Memahami manfaat keanekaragaman sosial, budaya, dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika yang ada di Indonesia
3.3.1    Menjelaskan berbagai kegiatan masyarakat dalam rangka menciptakan lingkungan sehat
4.3 Melaporkan secara lisan dan tulisan keterlibatan kerja sama dengan anggota masyarakat yang beragam dalam melaksanakan kegiatan di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
4.3.1    Melaporkan secara lisan dan tulisan kerja sama dalam masyarakat
Matematika
1.1     Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1     Menunjukkan sikap cermat dan Kerja sama, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, Peduli waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
2.2     Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis, dan kreatif
3.11 Memahami kuesioner/ lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat untuk mendapatkan informasi tertentu
3.11.1 Menjelaskan kuesioner/ lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat untuk mendapatkan informasi tertentu
4.11 Mengumpulkan data menggunakan kuesioner sederhana, mengolah, dan memaparkan data dalam bentuk tabel dan grafik yang sesuai
4.12 Menarik kesimpulan berdasarkan data hasil pengamatan yang diolah menggunakan statistic sederhana, tabel, dan grafik
4.12.1 Menyajikan data dalam bentuk tabel/tally berdasarkan kuesioner

SBdP
1.1     Mengapresiasi karya seni sebagai anugerah Tuhan dan memiliki rasa bangga terhadap tanah air
2.2     Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.4 Menyajikan berbagai karya kreatif dalam kegiatan pameran dan pertunjukan
3.4.1    Menjelaskan nilai-nilai terkait dengan kebiasaan masyarakat mengolah sampah organic atau sampah anorganik di lingkungan sekitar
4.16   Membuat produk olahan sampah organik atau sampah anorganik di lingkungan sekitar
4.16.1 Membuat produk olahan sampah organic dan anorganik di lingkungan sekitar

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡   Setelah berdikskusi, siswa mampu menjelaskan berbagai kegiatan masyarakat dalam rangka menciptakan lingkungan sehat dengan terperinci.
¡   Setelah mencari informasi, siswa mampu melaporkan secara lisan dan tulisan kerja sama dalam masyarakat dalam menciptakan lingkungan sehat dengan terperinci.
¡   Setelah membaca teks, siswa mampu menjelaskan nilai-nilai terkait dengan kebiasaan masyarakat mengolah sampah organik atau sampah anorganik di lingkungan sekitar.
¡   Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa membuat produk olahan sampah organik dan anorganik di lingkungan sekitar dengan benar.
¡   Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan kuesioner/lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat untuk mendapatkan informasi tertentu dengan benar.
¡   Setelah mencari informasi, siswa mampu menyajikan data dalam bentuk tabel/tally berdasarkan kuesioner dan menyimpulkan dengan benar.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡   Menyajikan laporan secara lisan dan tulisan kegiatan dalam menciptakan lingkungan sehat
¡   Membuat potpourri dari sampah organik dan bahan alam
Langkah-langkah membuat potpourri :
Tahap 1: Keringkan bunga, buah, dan rempah di tempat yang tidak terkena matahari langsung
Tahap 2: Simpan bunga, buah, dan rempah yang telah dikeringkan ke dalam kantung bersih
Tahap 3: Pilih bunga, buah, dan rempah yang telah dikeringkan untuk ditempatkan di wadah (mangkuk) cantik.
Tahap 4: Tambahkan minyak aroma terapi beberapa tetes. Jangan terlalu banyak karena akan berbau terlalu menyengat.
Tahap 5: Tempatkan potpourri di ruang yang kamu inginkan (ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi).
¡   Menyajikan data dalam bentuk turus dan tabel
Kegiatan
Banyak Siswa
Siswa selalu membuang sampah pada tempatnya
10    menit
Siswa yang menanam pohon dan bunga di sekitar rumahnya

Siswa selalu melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan rumah bersama warga

Siswa yang berolahraga bersama minimal sekali seminggu

Siswa yang memilah sampah di rumah

Siswa yang mendaur ulang sampah


F.      METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan        : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Menuju Masyarakat Sehat”.
¡  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
¡  Siswa membaca teks di buku siswa. (Mengamati)
¡  Guru berkeliling untuk memastikan siswa mencermati bacaannya. Sambil berkeliling, guru dapat menyampaikan beberapa pertanyaan lisan seputar teks. (Menanya)
¡  Siswa dikelompokkan secara berpasangan. Satu siswa menjadi Udin dan satu siswa menjadi Dayu. (Mengekplorasi)
¡  Siswa melakukan dialog seperti teks dialog yang ada di buku siswa.
¡  Ketika melakukan dialog, siswa memperhatikan intonasi dan tanda baca yang tepat.
¡  Guru meminta satu kelompok untuk maju ke depan dan mempraktikkan dialog.
¡  Setelah melakukan dialog, guru menanyakan apa isi dialog tersebut? (Menanya)
¡  Siswa diminta untuk mengangkat tangan terlebih dahulu sebelum menjawab pertanyaan dari guru.
¡  Siswa membaca teks tentang “Kampung Rawajati” dengan membaca dalam  hati.
¡  Setelah membaca teks, siswa mengerjakan soal-soal berikut. (Mengekplorasi)
¡   Siswa menukarkan jawabannya dengan jawaban temannya (Mengasosiasi)
¡  Setelah membaca teks tentang Kampung Rawajati, siswa menulis hal-hal yang bisa dilakukan di lingkungan tempat tinggal mencontoh Kampung Rawajati. (Mengekplorasi)
¡  Siswa menulis hasil diskusinya di kertas kalender. Siswa mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas secara bergantian.
¡  Siswa membuat pertanyaan yang ingin ditanyakan kepada penduduk Kampung Rawajati jika mereka berkunjung ke sana. Siswa mendiskusikan pertanyaan tersebut kepada temannya. (Menanya)
¡  Guru membawa potpourri ke dalam kelas. Siswa mengamati potpourri yang dibawa oleh guru.
¡  Siswa akan membuat potpourri. Awalnya siswa membaca teks tentang potpourri yang ada di buku siswa.
¡  Siswa dapat ditugaskan untuk membawa bahan-bahan potpourri berupa bunga-bunga/ daun kering.
¡  Siswa mendiskusikan pertanyaan tersebut dengan temannya. (Mengasosiasi)
¡  Siswa diminta memperhatikan langkah-langkah membuat potpourri berikut.
¡  Siswa memilah dan menata bunga, bahan alam, dan rempah-rempah yang mereka bawa dari rumah di tempat tertutup yang teduh dan berangin agar kering. Bahan-bahan ini akan digunakan untuk pembuatan potpourri di pertemuan berikutnya.
¡  Siswa membuat potpourri. Siswa membuat rencana mengenai bahan, langkah-langkah dan wadah. (Mengekplorasi)
¡  Siswa dapat membaca mengenai perbedaan data primer dan sekunder yang ada di buku siswa.
¡  Siswa mendiskusikan dengan temannya perbedaan data primer dan sekunder.
¡  Siswa juga mengamati lembar kuesioner yang digunakan untuk menghasilkan data primer.
¡  Siswa mencari data dengan menggunakan kuesioner, siswa meminta teman-temannya untuk mengisi kuesioner tersebut. Siswa menyimpulkan data yang telah dikumpulkannya. (Mengekplorasi)
¡  Siswa menjelaskan bentuk kerja sama lain yang ada di sekitar rumah mereka untuk menciptakan lingkungan bersih dan sehat. (Mengkomunikasikan)
¡  Siswa mendiskusikan kerja sama antar anggota keluarga dan masyarakat di lingkungan tempat tinggal mereka Siswa melakukan perenungan tentang pembelajaran dengan menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku siswa
35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
¡  Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
10 menit

H.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡           Buku Siswa Tema : ”Menuju Masyarakat Sehat Kelas VI (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡           Kalender bekas

I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.  Teknik Penilaian
a.  Penilaian Sikap: tanggung jawab, Kerja sama, dan Peduli.
b. Penilaian Pengetahuan: pilihan ganda dan jawaban singkat.
c. Penilaian Keterampilan: unjuk kerja





2.   Bentuk Instrumen Penilaian
a.  Penilaian sikap
No
Nama Peserta Didik
Aspek yang Dinilai
Percaya Diri
Teliti
Disiplin
1
Aqlima Nabilah



2
Arifin Ilham Ali



3
 Asmaul Husna



4
 Aura Aqila Zikra



5
Aura Firdzil



6
Fathimah Azzahra



7
Khairatul Muna



8
Liza Nasrah



9
M. Nur Hafiz



10
M. Hadi



11
Mariatul Ishlah



12
Maulia Novita



13
M. Fallahaziq



14
M. Fitra Ramadhan



15
M. Irhash Mubarak



16
M. Khalil



17
M. Rafiq Az Zain



18
Nadia Fitria



19
Nanda Rizki Gunawan



20
Nazla Dwi Yuzi



21
Neiza Aulia



22
Nurul Fathanah



23
Novianda Rizki



24
Rafli Ardiansyah



25
Ratu Anisa Tarigan



26
Rizki Ananda



27
Santi Salsabila



28
Syahira Nasywa Nailah Chania



29
Teuku Marbawi



30
TR. Fitra At Taqwa Hrp



31
Zikri Ramadhan



Keterangan:    1: Kurang        2 : Cukup      3 : Baik         4 : baik sekali

b.    Penilaian pengetahuan dan keterampilan muatan mapel
1)    Pengetahuan, misalnya:
1.      Tuliskan 3 kebiasaan/ perilaku penting yang dilakukan oleh masyarakat
2.                Rawajati untuk menciptakan lingkungan asri dan sehat.
3.      Apa nilai-nilai luhur yang bisa dipelajari dari masyarakat Rawajati?
2)    Keterampilan
3. Penilaian
1. PPKn: membuat laporan
No
Kreteria
Ya
tidak
1
Menuliskan kerja sama di lingkungan sekitar


2
Menuliskan manfaat dalam hal menjaga kebersihan
Lingkungan


                          
2. SBdP: membuat rencana potpourri
No
Kreteria
Ya
tidak
1
Merencanakan bahan-bahan membuat potpourri dengan sesuai


2
Menuliskan langkah-langkah membuat potpourri dengan benar


3
Menyiapkan wadah dengan tepat



3. Matematika: menyimpulkan data
No
Kreteria
Ya
tidak
1
Membuat kuesioner dengan tepat


2
Menghitung data dengan tepat


3
Menyimpulkan data dengan tepat



4. Rubrik diskusi
Kreteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Kurang (1)
Mendengarkan
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara

Mendengarkan
teman yang
berbicara namun
sesekali masih
perlu diingatkan
Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara
P
Sering
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara
namun tidak
mengindahkan
Komunikasi
non verbal
(kontak mata,
bahasa tubuh,
postur, ekspresi
wajah, suara)
Merespon dan
menerapkan
komunikasi
non verbal
dengan tepat

Merespon
dengan tepat
terhadap
komunikasi non
verbal yang
ditunjukkan
teman
P
Sering merespon
kurang tepat
terhadap
komunikasi non
verbal yang
ditunjukkan
teman

Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk
komunikasi non
verbal yang
ditunjukkan
teman
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
Isi pembicaraan
Menginspirasi teman. Selalu
mendukung
dan memimpin
lainnya saat
diskusi
Berbicara dan
Menerangkan secara rinci,
merespon sesuai
dengan topik

Berbicara dan
menerangkan
secara
rinci,namun
terkadang
merespon
kurang sesuai
dengan topik
Jarang berbicara
selama
proses diksusi
berlangsung
P

Mengetahui
Kepala Sekolah



____________________________
NIP

Langsa, 4 Januari 2017
Guru Kelas VI



_____________________
NIP 

No comments:

Post a Comment