Friday, February 24, 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS 6 SD SEMESTER 2 TEMA 6 MENUJU MASYARAKAT SEHAT SUB TEMA 1 LINGKUNGAN SEHAT MASYARAKAT SEHAT PEMBELAJARAN 4



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan            :  SD......
Kelas / Semester                 :  VI (Enam) / 2
Tema 6                                :  Menuju Masyarakat Sehat
Sub Tema 1                         :    Lingkungan Sehat Masyarakat Sehat
Pembelajaran                     :  4
Alokasi Waktu                   :    1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A.   KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1    :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2    :  Memiliki perilaku jujur, Peduli, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3    :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4    :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.   KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
1.1     Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2     Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya
2.1     Memiliki kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1     Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang cirri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1    Menemukan informasi dari data yang diamati
4.1     Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.1 Melaporkan perkembangan berat badan bayi berdasarkan pengamatan
Matematika
1.1     Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1     Menunjukkan sikap cermat dan Kerja sama, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, Peduli waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
2.2     Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis, dan kreatif
3.11 Memahami kuesioner/ lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat untuk mendapatkan informasi tertentu
4.11 Mengumpulkan data menggunakan kuesioner sederhana, mengolah, dan memaparkan data dalam bentuk tabel dan grafik yang sesuai
4.11.1 Membaca data berdasarkan grafik yang disajikan
4.12   Menarik kesimpulan berdasarkan data hasil pengamatan yang diolah menggunakan statistic sederhana, tabel, dan grafik
4.12.1 Menggambar grafik yang sesuai untuk data yang disajikan

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡   Setelah membaca grafik, siswa menemukan informasi berdasarkan grafik dengan benar.
¡   Setelah mengamati grafik dan berdiskusi, siswa mampu melaporkan perkembangan anak dengan menggunakan teks investigasi yang memperhatikan kata baku.
¡   Setelah mengamati grafik, siswa mampu membaca grafik dengan benar.
¡   Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat grafik berdasarkan data yang diminta dengan benar.
¡   Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan manfaat dari kerja sama dengan benar.
¡   Setelah berdiskusi, siswa mampu memberikan contoh kerja sama dengan benar.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡   Membaca dan memahami grafik
¡   Menulis laporan berdasarkan pengamatan tentang perkembangan berat badan
¡   Melakukan diskusi tentang manfaat kerja sama

F.      METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan        : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah



G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Menuju Masyarakat Sehat”.
¡  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
¡  Siswa mengamati grafik perkembangan perkembangan berat badan seorang bayi yang tercatat di Posyandu Kampung Melati. (Mengamati)
¡  Siswa mengamati grafik tersebut dan menjawab pertanyaan di buku siswa.
¡  Siswa menjawab pertanyaan tersebut dan menukarkan jawabannya dengan temannya. (Menanya)
¡  Guru memberikan penguatan mengenai cara membaca grafik, misalkan pada usia 1 tahun berat badan bayi adalah 4 kg. (Mengasosiasi)
¡  Siswa membuat 4 pertanyaan lain tentang grafik tersebut. (Menanya)
¡  Siswa meminta temannya untuk menjawab pertanyaan tersebut.
¡  Siswa mengubah memasukkan data pada grafik ke dalam tabel. (Mengekplorasi)
¡  Siswa mengamati tabel dan grafik yang telah dihasilkan.
¡  Siswa membandingkan dengan menjawab pertanyaan berikut. (Mengasosiasi)
¡  Siswa menulis laporan berdasarkan tabel yang dihasilkan. (Mengekplorasi)
¡  Siswa mempresentasikan laporannya di depan kelas. (Mengkomunikasikan)
¡  Siswa mengamati dua grafik yang ada di buku siswa.
¡  Siswa mengamati kedua grafik tersebut dan membuat pertanyaan berdasarkan grafik.
¡  Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa. (Menanya)
¡  Siswa mempresentasikan jawabannya di depan kelas.
¡  Siswa membuat grafik berdasarkan tabel. (Mengekplorasi)
¡  Siswa mengamati gambar yang ada di buku siswa. (Mengamati)
35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
¡  Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
10 menit

H.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡           Buku Siswa Tema : ”Menuju Masyarakat Sehat Kelas VI (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡           Grafik
I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.  Teknik Penilaian
a.  Penilaian Sikap: tanggung jawab, Kerja sama, dan Peduli.
b. Penilaian Pengetahuan: pilihan ganda dan jawaban singkat.
1.         Apa tujuan dari setiap kerja sama tersebut?
2.         Apa manfaat kerja sama tersebut bagi masyarakat?
3.         Kerja sama apa yang diharapkan oleh Posyandu agar tercipta masyarakat sehat?
4.          Apakah di lingkungan tempat tinggalmu terdapat kegiatan serupa?
5.         Jelaskan. (produk dinilai dengan penilaian 3)
c. Penilaian Keterampilan: unjuk kerja

2.   Bentuk Instrumen Penilaian
a.  Penilaian sikap
No
Nama Peserta Didik
Aspek yang Dinilai
Percaya Diri
Teliti
Disiplin
1
Aqlima Nabilah



2
Arifin Ilham Ali



3
 Asmaul Husna



4
 Aura Aqila Zikra



5
Aura Firdzil



6
Fathimah Azzahra



7
Khairatul Muna



8
Liza Nasrah



9
M. Nur Hafiz



10
M. Hadi



11
Mariatul Ishlah



12
Maulia Novita



13
M. Fallahaziq



14
M. Fitra Ramadhan



15
M. Irhash Mubarak



16
M. Khalil



17
M. Rafiq Az Zain



18
Nadia Fitria



19
Nanda Rizki Gunawan



20
Nazla Dwi Yuzi



21
Neiza Aulia



22
Nurul Fathanah



23
Novianda Rizki



24
Rafli Ardiansyah



25
Ratu Anisa Tarigan



26
Rizki Ananda



27
Santi Salsabila



28
Syahira Nasywa Nailah Chania



29
Teuku Marbawi



30
TR. Fitra At Taqwa Hrp



31
Zikri Ramadhan



Keterangan:    1: Kurang        2 : Cukup      3 : Baik         4 : baik sekali

b.    Penilaian pengetahuan dan keterampilan muatan mapel
1)    Pengetahuan
1.    Apa tujuan dari setiap kerja sama tersebut?
2.    Apa manfaat kerja sama tersebut bagi masyarakat?
3.    Kerja sama apa yang diharapkan oleh Posyandu agar tercipta masyarakat sehat?
4.    Apakah di lingkungan tempat tinggalmu terdapat kegiatan serupa? Jelaskan.
2)    Keterampilan

3. Penilaian
1. Bahasa Indonesia:
No
Kreteria
Ya
tidak
1
Melaporkan dengan runtut


2
Melaporkan dengan rinci dan benar


3
Melaporkan dengan bahasa baku dan tanda baca yang
Benar



2. Matematika dinilai dengan penilaian angka
3. PPKn: membuat laporan
No
Kreteria
Ya
tidak
1
Menuliskan kerja sama di lingkungan sekitar


2
Menuliskan manfaat dalam hal menjaga kebersihan
Lingkungan


3




4. Rubrik diskusi

Kreteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Kurang (1)
Mendengarkan
Mendengarkan teman yang sedang berbicara Menuliskan manfaat dalam hal menjaga kebersihan lingkungan2. Matematika dinilai dengan penilaian angka
3. PPKn: membuat laporanMelaporkan dengan bahasa baku dan tanda baca yang benar1. Bahasa Indonesia:
Mendengarkan teman yang
berbicara namun
sesekali masih
perlu diingatkan

Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan teman yang
sedang berbicara
P

Sering
diingatkan untuk
mendengarkan teman yang
sedang berbicara
namun tidak
mengindahkan
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
Merespon dan
menerapkan
komunikasi
non verbal
dengan tepat

Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman
P
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman

Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi

Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik
Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik
Jarang berbicara
selama
proses diksusi
berlangsung
P




Mengetahui
Kepala Sekolah,


___________________
NIP

Langsa, 4 Januari 2017
Guru Kelas VI


________________________
NIP

No comments:

Post a Comment