Friday, February 24, 2017

Rencana Pelaksanaan pembelajaran Kelas 6 SD Semester 2 Tema Menuju Masyarakat Sehat Sub Tema 1Lingkungan Sehat Masyarakat Sehat Pembelajaran 3



RENCANA PELKASANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan            :    SD....
Kelas / Semester                 :  VI (Enam) / 2
Tema 6                                :  Menuju Masyarakat Sehat
Sub Tema 1                         :    Lingkungan Sehat Masyarakat Sehat
Pembelajaran                     :  3
Alokasi Waktu                   :    1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.   KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1    :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2    :  Memiliki perilaku jujur, Peduli, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3    :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4    :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.   KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
1.1     Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2     Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya
2.1     Memiliki kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1     Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang cirri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1    Menggali informasi berdasarkan pengamatan dan percobaan tentang campuran dan larutan
4.1     Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.1    Menulis laporan berdasarkan pengamatan dan investigasi tentang campuran dan larutan



IPA
1.1     Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1     Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; Kerja sama; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.4     Membedakan campuran dan larutan melalui pengamatan
3.4.1 Membedakan campuran dan larutan
4.1     Merancang dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari
4.1.1  Menulis laporan berdasarkan pengamatan dan percobaan tentang campuran dan larutan
PJOK
1.1     Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
1.2     Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada Sang Pencipta.
2.4     Menunjukkan kemauan bekerja sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
2.5     Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan
2.6     Peduli selama melakukan berbagai aktivitas fisik
2.7     Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan
3.6     Memahami konsep rangkaian tiga gerak dasar senam lantai dengan konsisten, tepat, dan kontrol yang baik dalam aktivitas senam
3.9     Memahami konsep pemeliharaan diri dari penyakit menular dan tidak menular
4.6     Mempraktikkan rangkaian tiga gerak dasar senam lantai dengan konsisten, tepat, dan kontrol yang baik dalam aktivitas senam
4.6.1    Menyebutkan langkahlangkah melakukan rangkaian tiga gerak dasar senam
4.9     Menyajikan konsep pemeliharaan diri dari penyakit menular dan tidak menular
4.6.1 Mempraktikkan langkahlangkah rangkaian tiga gerak dasar senam

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡   Setelah mengamati contoh, siswa mampu menyebutkan langkah-langkah melakukan rangkaian tiga gerak dasar senam dengan benar.
¡   Setelah mengamati contoh, siswa mampu mempraktikkan langkah-langkah rangkaian tiga gerak dasar senam dengan tepat.
¡   Setelah berekplorasi, siswa mampu menjelaskan larutan dan campuran dan memberi contoh dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
¡   Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menulis laporan berdasarkan pegamatan dan percobaan tentang campuran dan larutan dengan benar.
¡   Setelah membaca resep, siswa mampu menemukan informasi membuat campuran dan larutan dengan benar.
¡   Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menulis laporan berdasarkan pengamatan dan investigasi tentang campuran dan larutan dengan menggunakan kata baku

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡   Mempraktikkan tiga gerak dasar senam
1. Gerakan guling ke depan
2. Gerakan guling ke belakang
3. Gerakan meroda
¡   Melakukan percobaan tentang campuran dan larutan
¡   Menulis laporan berdasarkan percobaan

F.      METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan        : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Menuju Masyarakat Sehat”.
¡  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
¡  Siswa mengamati gambar yang ada di buku siswa. (Mengamati)
¡  Siswa membuat pertanyaan berdasarkan gambar yang diamati. (Menanya)
¡  Guru meminta siswa untuk mendiskusikan jawaban dari pertanyaan yang telah dibuat.
¡  Guru menunjuk beberapa siswa untuk mempresentasikan hasil. (Mengasosiasi)
¡  Siswa mempraktikkan gerakan guling ke depan. (Mengekplorasi)
¡  Siswa mempraktikkan gerakan guling ke belakang.
¡  Siswa mempraktikkan gerakan meroda.
¡  Setelah menyaksikan peragaan dari guru, siswa mempraktikkan senam lantai untuk gerakan dasar pertama, yaitu gerakan guling ke depan. (Mengamati)
¡  Guru membawa ke kelas jenis larutan dan campuran misal larutan gula dan campuran bubur.
¡  Siswa dibagi ke dalam kelompok, satu kelompok terdiri dari 5 orang.
¡  Setiap siswa mengamati kedua benda yang dibawa oleh guru dan menjelaskan perbedaannya. (Mengamati)
¡  Dalam kelompoknya siswa mengelompokkan bubur kacang hijau, susu kedelai, bubur bayi, dan jus buah berdasarkan larutan dan campuran
¡  Siswa mempresentasikan hasilnya di depan kelas. (Mengkomunikasikan)
¡  Siswa juga diminta menemukan dalam kehidupan sehari-hari benda yang termasuk larutan dan campuran. (Mengasosiasi)
¡  Dengan kelompok yang sama, kali ini siswa akan membuat rujak dan jus buah.
¡  Siswa membaca resep di buku siswa.
¡  Setiap kelompok membuat rujak dan jus buah.
¡  Guru dapat menyiapkan bahan-bahan atau meminta siswa membawa di pertemuan. Informasi tersebut diberikan di pertemuan sebelumnya.
¡  Siswa memasak makanan dan membuat rujak, setelah itu siswa membandingkan hasilnya.
¡  Siswa mendiskusikan pertanyaan yang ada di buku siswa dalam kelompok.
¡  Hasil pekerjaan kelompok ditulis di kalender bekas.
¡  Salah satu perwakilan kelompok melakukan presentasi kepada siswa kelompok lain.
¡  Guru memberi aba-aba dengan tepuk tangan 3 kali.
¡  Siswa membuat laporan hasil percobaan, siswa menulis dengan kriteria: (Mengekplorasi)
1. Tujuan kegiatan
2. Bahan-bahan yang diperlukan
3. Cara membuat
4. Kesimpulan
¡  Siswa mempresentasikan laporan yang telah dibuat di depan kelas. (Mengkomunikasikan)
35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
¡  Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
10 menit

H.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡           Buku Siswa Tema : ”Menuju Masyarakat Sehat Kelas VI (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡           Gelas
¡           Garam
¡           Air

I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.  Teknik Penilaian
a.  Penilaian Sikap: tanggung jawab, Kerja sama, dan Peduli.
b. Penilaian Pengetahuan: pilihan ganda dan jawaban singkat.
c. Penilaian Keterampilan: unjuk kerja
2.   Bentuk Instrumen Penilaian
a.  Penilaian sikap
No
Nama Peserta Didik
Aspek yang Dinilai
Percaya Diri
Teliti
Disiplin
1
Aqlima Nabilah



2
Arifin Ilham Ali



3
 Asmaul Husna



4
 Aura Aqila Zikra



5
Aura Firdzil



6
Fathimah Azzahra



7
Khairatul Muna



8
Liza Nasrah



9
M. Nur Hafiz



10
M. Hadi



11
Mariatul Ishlah



12
Maulia Novita



13
M. Fallahaziq



14
M. Fitra Ramadhan



15
M. Irhash Mubarak



16
M. Khalil



17
M. Rafiq Az Zain



18
Nadia Fitria



19
Nanda Rizki Gunawan



20
Nazla Dwi Yuzi



21
Neiza Aulia



22
Nurul Fathanah



23
Novianda Rizki



24
Rafli Ardiansyah



25
Ratu Anisa Tarigan



26
Rizki Ananda



27
Santi Salsabila



28
Syahira Nasywa Nailah Chania



29
Teuku Marbawi



30
TR. Fitra At Taqwa Hrp



31
Zikri Ramadhan



Keterangan:    1: Kurang        2 : Cukup      3 : Baik         4 : baik sekali

b.    Penilaian pengetahuan dan keterampilan muatan mapel
1)    Pengetahuan
1.    Apakah kamu masih melihat dan mengenal bahan-bahan yang terdapat di dalam rujak aneka buah ?
2.    Apakah kamu masih melihat wujud jeruk dan gula di di dalam jus jeruk? Ke manakah perginya gula?
2)    Keterampilan

3. Penilaian
1. PJOK:
No
Kreteria
Ya
tidak
1
Membuat kuesioner dengan tepat


2
Menghitung data dengan tepat


3
Menyimpulkan data dengan tepat




2. Bahasa Indonesia dan IPA: rubrik laporan
Kreteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Kurang (1)
Lankah-langkah
Menjelaskan
langkah-langkah
percobaan
dengan lengkap,
runtut, dan benar
Menjelaskan langkah-langkah percobaan dengan lengkap namun kurang
runtut
Menjelaskan langkah-langkah percobaan dengan runtut namun ada beberapa bagian yang tidak lengkap
Menjelaskan
langkah-langkah
percobaan
dengan tidak
runtut dan
tidak lengkap
Perubahan dan
penyebabnya

Menjelaskan perubahan yang
terjadi pada
percobaan dan
penyebabnya
dengan benar
dan terperinci

Menjelaskan perubahan yang terjadi pada percobaan dan penyebabnya dengan
benar, namun
kurang rinci
Menjelaskan perubahan yang terjadi pada percobaan dengan benar dan rinci namun tidak menjelaskan alasannya dengan tepat
Menjelaskan perubahan yang terjadi pada percobaan dan penyebabnya dengan kurang tepat dan tidak terperinci
Kesimpulan
Menuliskan kesimpulan hasil percobaan dengan benar dan terperinci
Menuliskan kesimpulan hasil percobaan dengan benar namun kurang terperinci
Menuliskan kesimpulan hasil percobaan dengan kurang tepat
Menuliskan kesimpulan hasil percobaan dengan tidak
tepat
Kata baku
Semua tulisan ditulis dengan kata baku
75% tulisan ditulis dengan kata baku
50% tulisan ditulis dengan kata baku
25% tulisan ditulis dengan kata baku
Tanda baca
Semua tulisan menggunakan tanda baca yang benar (titik, koma, huruf besar, seru, tanya)
75% tulisan
menggunakan
tanda baca
yang benar

50% tulisan
menggunakan
tanda baca
yang benar

25% tulisan
menggunakan
tanda baca
yang benar
Kalimat efektif
Semua tulisan
ditulis dengan
kalimat efektif
75% tulisan
ditulis dengan
kalimat efektif
50% tulisan
ditulis dengan
kalimat efektif
25% tulisan
ditulis dengan
kalimat efektif

3. Rubrik diskusi
Kreteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Kurang (1)
Mendengarkan
Mendengarkan teman yang
sedang berbicara

Mendengarkan teman yang berbicara namun
sesekali masih
perlu diingatkan

Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan teman yang
sedang berbicara
P

Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi
wajah, suara)
Merespon dan menerapkan
komunikasi
non verbal
dengan tepat

Merespon
dengan tepat
terhadap
komunikasi non
verbal yang
ditunjukkan
teman
P
Sering merespon
kurang tepat
terhadap
komunikasi non
verbal yang
ditunjukkan
teman

Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan
teman
Partisipasi
(menyampaikan ide, perasaan,
pikiran)
Isi pembica-raan
Menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
merespon sesuai
dengan topik

Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai
dengan topik

Jarang berbicara
selama
proses diksusi
berlangsung
P




Mengetahui
Kepala Sekolah



__________________________
NIP.

Langsa, 4 Januari 2017
Guru Kelas VI

  

_________________________
NIP

No comments:

Post a Comment